Ekonomi digital adalah ekonomi yang didasarkan pada teknologu digital termasuk jaringan komunikasi (internet, intranet, extranet) , komunikasi, software dan teknologi yang berhubung denganya.

Berikut adalah beberapa karakteristik Ekonomi Digital menurut DonTapscott:

  • Knowledge: menjadi elemen penting dari produk.
  • Digitization: produk dan bentuk pelayanan diubah menjadi format satu dan no.
  • Virtualization: hal-hal fisik bisa menjadi virtual.
  • Molecularization: penggantian media massa ke media molekul.
  • Internetworking: ekonomi Jaringan dengan interkoneksi mendalam dan jangkauan entitas ekonomi.
  • Disintermediation: penghapusan perantara dan setiap berdiri di antara produsen dan konsumen.
  • Convergence: konvergensi komputasi, komunikasi, dan konten.
  • Innovation: inovasi menjadi pendorong utama keberhasilan bisnis.
  • Prosumption: gap antara konsumen dan mengaburkan produsen dalam beberapa cara.
  • Immediacy: ini adalah real-time ekonomi yang terjadi pada kecepatan cahaya.
  • Globalization: pengetahuan tidak mengenal batas, hanya ada dunia ekonomi.
  • Discordance: timbulya kontradiksi sosial yang sangat besar.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menganalisis tentang produk iphone, yang mana produk dari perusahaan apple. LOGO-APPLEApple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen , perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

 

 

Picture1

 

Dalam gambar tersebut kita dapat mengetahui bahwa ilingkungan bisnis ada 3 faktor yang mana lingkungan bisnis itu sendiri kombinasi dari faktor sosial, hukum, ekonomi, fisik, dan politik yang mempengaruhi kegiatan usaha. Perubahan signifikan dalam salah satu faktor yang mungkin membuat tekanan bisnis pada sebuah organisasi. Organisasi biasanya merespon tekanan dengan kegiatan yang didukung oleh TI. Gambar diatas menunjukkan hubungan antara tekanan bisnis, kinerja organisasi dan tanggapan, dan dukungan TI. Difokuskan pada tiga jenis tekanan bisnis yang dihadapi oleh sebuah organisasi: pasar, teknologi, dan tekanan sosial.

-TEKANAN PASAR

Perusahaan besar seperti Apple inc, akan menghadapi tekanan pasar seperti:

a. ekonomi global dan persaingan yang kuat.

b. sifat tenaga kerja yang berubah.

c. kekuatan penuh pelanggan.

maka perusahaan Apple inc membuat antisipasi dengan cara:

a. membuat web yang mana langkah ke ekonomi global telah difasilitasi oleh munculnya platform global berbasis Web.

b. memberikan kompensasi terhadap tenaga kerja.

c. membuat inovasi terhadap produknya

-TEKANAN TEKNOLOGI

Teknologi yang baru dan lebih baik dengan cepat diciptakan atau mendukung pengganti untuk sebuah produk, pilihan alternatif layanan , dan kualitas yang hebat. Akibatnya, state-of-the-art produk saat ini mungkin besok sudah menjadi usang. Dalam produk iphone terbaru, Apple membuat inovasi unggulan produknya. Seperti:

  • VoiceOver

VoiceOver merupakan pembaca layar revolusioner yang memungkinkan Anda mengetahui apa yang terjadi di iPhone, bahkan jika Anda tidak dapat melihat layar. Sentuh layar untuk mendengar apa yang ada di bawah jari Anda lalu gunakan gerakan untuk menavigasi dan berinteraksi dengan setiap aplikasi bawaan.

  • Alat Bantu Dengar Made for iPhone

Alat bantu dengar Made for iPhone dibuat berdasarkan teknologi Bluetooth baru yang dirancang oleh Apple. Alat tersebut menyediakan kualitas suara yang luar biasa, memungkinkan Anda mengelola tingkat audio dari iPhone, dan membantu Anda melakukan percakapan yang lebih jelas di tempat yang bising seperti restoran.

  • Dukungan Baca

Jika Anda memiliki kesulitan belajar seperti disleksia, fitur seperti Ucapkan Layar, Ucapkan Seleksi, Umpan Balik Ketikan, dan Teks Prediktif, dapat membantu dengan menambahkan elemen audio saat membaca atau menulis pesan email, postingan blog, dan dokumen panjang.

  • Kontrol Pengalihan

Kontrol Pengalihan memungkinkan Anda berinteraksi penuh dengan iPhone tanpa menyentuhnya. Dengan menggunakan perangkat pengalihan berkemampuan Bluetooth — seperti Sip/Puff, tombol pengalih, atau joystick — Anda dapat mengetuk, menggulir, memutar, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat menggunakan iPhone untuk mengontrol Mac atau Apple TV.

 

selain teknologi inovasi dengan produknya, seperti yang dijelaskan di atas iPhone memberikan inovasi yang lain yaitu inovasi informasi yang mana di gunakan untuk membuat keputusan secara efektif dan efisien.

dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini Apple inc membuat web (https://www.apple.com/id/iphone/) sebagai sarana untuk perusahaan memberikan informasi kepada para konsumennya. juga sarana perusahaan untuk mendekatkan diri kepada para konsumennya contohnya adanya customer service https://support.apple.com/id-id yang ada di web tersebut.

– TEKANAN SOSIAL

Katagori ketiga ini meliputi tanggungjawab sosial, pengeluaran untuk tanggungjawab sosial. Perusahaan Apple inc membuat suatu program atau aktifitas untuk bertanggungjawab kepada sosial atau lingkungan dimana perusahaan tersebut berada yaitu corporate social responsibility (CSR).

Apple releases Environmental Responsibility Report and it includes the details of CSR programs and initiatives engaged by the company. Table 2 below illustrates highlights from Environmental Responsibility Report for 2015:

Categories of CSR activities  Apple Performance 
Supporting local  communities ‘Global Volunteer Program’ was launched to encoureage employees to volunteer in local communities
Educating and empowering workers  Apple education and development program is offered free of charge by 18 factories and more than 280,000 workers took various courses
Labor and human rights  Apple enforces The Supplier Code of Conduct that is claimed to be the toughest in the electronics industryCompany has achieved an average 95% compliance among suppliers to maximum 60-hour workweek

Apple has investigated cases of abuses of foreign workers and the company has required suppliers to reimburse affected “foreign contract workers US$3.9 million in excessive fees paid to labor brokers, bringing our total reimbursements since 2008 to US$16.9 million”[2]

Employee health and safety The company has launched Apple Supplier EHS Academy, an 18-month program that aims to improve employee health and safety in the industry throughout the globe. 240 suppliers and 270,000 workers have participate in this programResearch has been conducted in Apple’s ergonomics department on about 75 jobs within supply chain to identify egronomic risks. The research has resulted in improved standards for managing workstation design changes.
Gender equality and minorities No known initiatives and programs
Environment a) energy consumption 

 

 

 

 b) water consumption

 

 c) recycling

 

d) CO2 emissions

 

 

Apple is often praised for its environmental records that include decrease of total power consumption of Apple products by 57%, introduction of Mac mini as the world’s most energy-efficient desktop computer and exceeding ENERGY STAR guidelinesApple emerges as the only company that has been awarded with a Clean Energy Index of 100%, according to greenpeace’s clicking clean report

As of 2014, 100% of Apple operations in the US and 87% of global operations are powered by renewable energy.

Pilot version of Clean Water program launched in 2014 with 13 supplier sites, who collectively use more than 41 million cubic meters of water per year.

Apple offers recycling programs in 99 percent of the countries it operates and the company has diverted more than 508 million pounds of electronic waste from landfills since 2008

Apple has caused 34.2 million metric tons of greenhouse gas emissions during the financial year of 2014. Although the company is working towards reducing carbon intensity associated with manufacturing and using its products, overall increase of the numbers of products manufactured and sold has decreased the level of Apple’s carbon efficiency.

In 2014, employees took more than 110,312 trips on shared bikes, a 55 percent increase over 2013

Sustainable sourcing  No known initiatives and programs

Figures taken from Apple Supplier Responsibility Progress Report (2014) and Apple Environmental Sustainability Report (2015)

 

Daftar Pustaka:

https://aellyas.wordpress.com/2012/09/04/tekanan-bisnis-respon-organisasi-dan-it-support/

http://blog.ub.ac.id/prastise/2012/05/07/digital-ekonomi-economy-digital-dan-perkembangannya/

http://www.apple.com/id/accessibility/iphone/

https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.

http://research-methodology.net/apple-corporate-social-responsibility-csr/